4 Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas 11

Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas 11

Materi turunan fungsi aljabar kelas 11 sudah pasti sering dijumpai terutama oleh pelajar yang sedang duduk di bangku SMA atau mungkin juga SMK. Sebenarnya turunan merupakan bentuk dari sebuah fungsi yang kemudian mengalami perubahan. Biasanya perubahan ini terjadi sebagai akibat dari perubahan nilai masukan. Agar tidak bingung dalam memahaminya maka Anda bisa simak ulasan berikut. 

Menentukan gradien garis singgung suatu kurva

Beberapa hal bisa dipelajari dalam materi turunan fungsi aljabar kelas 11. Salah satu hal yang bisa dipelajari dalam materi turunan fungsi ini adalah menentukan gradien garis singgung dari suatu kurva. Penentuan gradien garis singgung ini pada dasarnya merupakan salah satu aplikasi dari turunan fungsi aljabar. Dalam hal ini gradien garis singgung disimbolkan dengan huruf m. 

Sedangkan gradien garis singgung pada suatu kurva y = f(x) umumnya dihadirkan dalam bentuk ruus tertentu. Ruus yang biasnaya digunakan dalam menentukan gradien garis singgung pada suatu kurva ini adalah M = y’ = f’(x). Dengan menggunakan rumus ini maka Anda bisa menentukan gradien dari garis singgung pada suatu kurva. 

Menentukan interval fungsi naik dan fungsi turun

Hal selanjutnya yang juga bsia dipelajari dalam materi turunan fungsi aljabar kelas 11 ini adalah menentukan interval fungsi naik dan fungsi turun. Hal ini juga menjadi pokok bahasan penting dalam materi turunan fungsi aljabar yang umumnya diberikan pada siswa kelas 11. Penentuan interval fungsi ini pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis. 

Baca juga : Materi Olimpiade Biologi SMA

Untuk jenis yang pertama adalah fungsi naik. Dalam menentukan interval fungsi naik tentu haruslah diperhatikan syarat yang menyertainya. Syarat interval fungsi naik yaitu f’(x) > 0. Sedangkan untuk menentukan interval fungsi turun juga haruslah memperhatikan syaarat tertentu. Salah satu syarat dari interval fungsi turun adalah f’(x) < 0.  

Menentukan nilai stasioner suatu fungsi dan jenisnya

Anda juga bisa mempelajari hal lainnya dari materi turunan fungsi aljabar kelas 11. Hal yang juga harus dipelajari dalam materi ini adalah menentukan nilai stasioner dari suatu fungsi dan jenisnya. Banyak ketentuan yang ahrus diapahami dalam mempelajari dan menetukan nilai stasioner suatu fungsi. 

Misalnya saja jika fungsi y = f(x) kontinu dan diferensiabel di x = a dan f’(x) = 0 maka nilai stasioner di x = a. Namun jika jenis nilai stasioner dari fungsi y = f’(x) berupa nilai balik minimum atau maksimum atau bahkan nilai belok maka Anda bisa menentukannya dnegan menggunakan turunan kedua dari fungsi tersebut. Jenis nilai stasioner ini umumnya bisa ditentukan dengan mengunakan turunan kedua tepatnya dari fungsi tersebut.

Baca juga : Materi Kedokteran Semester 1

Menyelesaikan soal limit berbentuk tak tentu

Satu lagi materi yang juga harus dipelajari dalam turunan fungsi aljabar adalah menyelesaikan soal limit yang berbentuk tak tentu. Jika ternyata limit berbentuk tak tentu 0/0 maka Anda bisa memberikan penyelesaian dengan menggunakan turunan yaitu f(x) dan g(x) tepatnya pada masing-masing turunan. 

Beberapa hal berkaitan dengan limit ini juga perlu diperhatikan dan pelajari, serta Anda harus memahaminya dengan sangat baik. Dengan menggunakan perhitungan yang tepat maka nantinya Anda bisa menyelesaikan soal limit yang berbentuk tak tentu dengan lebih mudah dan tentunya lebih cepat. 

Materi turunan fungsi aljabar kelas 11 yang tercantum di atas kini tentunya bisa Anda pahami dengan lebih mudah. Oleh sebab itu berusahalah untuk menekuni materi di atas tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan