Ingin Mendaftar Asuransi DPLK? Berikut Beberapa Hal Yang Harus Kamu Cermati

Asuransi DPLK

Bagi para pegawai atau pekerja, salah satu kekhawatiran terbesar adalah menghadapi hari tua dimana tidak ada pemasukan finansial yang stabil. Namun jangan khawatir, kini banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi produk asuransi DPLK dan manfaatnya sangat banyak untuk persiapan hari tua.

Dengan mengikuti program asuransi DPLK, kemampuan finansial Anda setelah pensiun akan tetap tercukupi tanpa harus membebani keluarga dan anak.

Nah sebelum mendaftar Asuransi DPLK, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Seperti bagaimana memilih produk asuransi yang tepat, hak dan kewajiban, syarat mengajukan klaim asuransi, dan lain sebagainya. Nah berikut tips dan hal yang perlu dicermati saat mendaftar asuransi DPLK.

Perhatikan Penyelenggara Asuransi DPLK

Sebelum mendaftar, alangkah baiknya Anda memperhatikan lembaga atau perusahaan mana saja yang menyelenggarakan asuransi DPLK. Kini terdapat puluhan perusahaan dan bank penyedia asuransi yang memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Cermati reputasi tiap perusahaan, besaran premi yang harus dibayarkan, bentuk pelayanan, dan lain sebagainya.

Juga perhatikan bagaimana pengelolaan perusahaan dan lembaga asuransi seperti transparansi kepada konsumen, keamanan dana, profesionalitas serta mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. Hal ini sangat vital agar tidak ada masalah yang timbul saat mengikuti program asuransi.

Tentukan Jumlah Investasi Yang Didapatkan

Jika sudah menentukan perusahaan investasi, tentukan jumlah investasi yang ingin Anda peroleh. Coba perkirakan dan hitung apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi di hari tua secara rinci. Misal kebutuhan pokok seperti sandang papan pangan, kebutuhan rumah seperti listrik dan air, biaya pendidikan untuk anak dan cucu, dana kesehatan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya hitung juga usia saat mendaftar, usia pensiun, perkiraan usia harapan hidup, pengeluaran perbulan saat ini, nilai inflasi tahunan, saldo tabungan yang dimiliki saat ini, dan bunga bank per tahun.

Dari situ Anda bisa menghitung dana pensiun yang Anda butuhkan dan jumlah uang yang ditabung per bulan.

Jangan lupa ketika menghitung jumlah investasi, selalu pikirkan berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi saat Anda sudah tidak bekerja lagi. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar di hari tua Anda tidak kebingungan ketika ada masalah yang menyangkut finansial.

Cermati Pilihan Bentuk Investasi Serta Kebebasannya

Ketika Anda mengikuti asuransi DPLK, ternyata Anda juga bisa memilih bentuk dan jenis investasinya. Penyelenggara asuransi DPLK kini memberikan pilihan bentuk investasi yang dapat ditempatkan dalam berbagai jenis investasi, seperti deposito, saham, surat utang negara atau obligasi, reksa dana, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengubah bentuk investasi apabila Anda telah memilih salah satunya. Misal sebelumnya Anda memilih investasi deposito, maka Anda dapat mengubahnya menjadi reksa dana.

Setiap penyelenggara asuransi memiliki kebijakan yang berbeda perihal pengubahan bentuk investasi. Maka jangan ragu untuk menanyakan kepada perusahaan asuransi perihal berapa kali Anda dapat mengubah bentuk investasi dalam setahun, kebijakan perubahan investasi, dan sebagainya.

Tanyakan Manfaat dan Keuntungan Asuransi

Nah perhatikan juga apa saja manfaat dan keuntungan yang Anda peroleh saat mengikuti program asuransi. Tiap perusahaan memiliki pemberian manfaat dan perlindungan yang berbeda satu sama lain.

Biasanya semakin murah premi yang dibayarkan, maka semakin sedikit manfaat dan perlindungan yang Anda terima, begitu juga sebaliknya.

Jangan ragu untuk menanyakan kepada perusahaan asuransi apa saja manfaat, keuntungan dan perlindungan yang Anda dapatkan. Serta tanyakan juga biaya premi yang harus Anda bayarkan.

Sebaiknya jangan tergiur harga premi yang murah ataupun yang mahal dengan perlindungan berlebih. Pilih biaya premi yang kira-kira Anda butuhkan serta manfaat dan perlindungan yang Anda perlukan saja. Serta jangan lupa usahakan biaya premi yang Anda keluarkan tidak lebih dari 10% penghasilan Anda.

Nah itu tadi beberapa tips dan hal yang perlu Anda cermati sebelum mengikuti program asuransi DPLK. Pada intinya, program asuransi DPLK apapun dan siapapun penyelenggaranya, akan sangat berguna untuk Anda di hari tua. Tentunya impian semua orang untuk menikmati usia senja dengan bahagia, tenang, damai dan sejahtera bersama keluarga tercinta.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan