Cara Agar Wi-Fi Tidak Bisa di Scan Barcode

Cara Agar Wi-Fi Tidak Bisa di Scan Barcode

Cara Agar Wi-Fi Tidak Bisa di Scan Barcode – Menggunakan Wi-Fi memang bisa menghasilkan koneksi internet yang baik. Namun sering kali ada yang memanfaatkan akses jaringan Wi-Fi yang kita miliki salah satunya dengan melakukan scan barcode pada sistem Wi-Fi. Tentu saja hal ini cukup merugikan, sehingga disarankan akan lebih baik mengetahui bagaimana cara agar Wi-Fi tidak bisa di scan barcode. Dengan demikian resiko Wi-Fi terkoneksi pada perangkat lain secara diam-diam dapat dihindari, dan konektivitas akan lebih baik serta lebih lancar. Untuk yang ingin tahu lebih lanjut, simak informasi detailnya berikut di bawah ini.

Mengatur Setting Dasar Mikrotik

Langkah pertama yang dapat dilakukan sebagai cara agar Wi-Fi tidak bisa di scan barcode yaitu dengan jalan melakukan setting dasar pada mikrotik. Bagi yang belum tahu tentang mikrotik, hal ini merupakan sistem perangkat lunak yang umumnya terdapat pada komputer. Dimana fungsinya akan bekerja secara router atau modem untuk koneksi internet secara tidak langsung. Maka dari itu erat kaitannya dengan konektifitas internet dan Wi-Fi.

Pengaturan setting mikrotik ini cukup penting untuk memastikan bahwa jaringan topologi yang digunakan untuk akses internet akan digambarkan ulang. Sehingga hal ini menghindari resiko adanya pengambilan data dan jaringan dari pihak lain via scan barcode. Dengan mengubah setting format topologi mikrotik, akan sulit untuk menemukan pola barcode yang dapat discan pada jaringan Wi-Fi tersebut.

Mengatur Alamat IP

Alternatif cara agar Wi-Fi tidak bisa di scan barcode oleh pihak lain yaitu dengan jalan mengatur alamat IP. Seperti yang banyak diketahui bahwa setiap perangkat dan jaringan memiliki IP address atau alamat IP yang spesifik. Sehingga dengan demikian akan membuat perbedaan antara alamat yang satu dan yang lain.

Dalam menghindari resiko pengambilan data serta jaringan via scan barcode, maka mengatur ulang alamat IP ini adalah hal penting yang direkomendasikan. Akan tetapi hal ini tidak dapat dilakukan secara langsung, melainkan membutuhkan bantuan dari Winbox lalu kemudian barulah dapat mengganti alamat IP pada setiap topologi jaringan lewat Winbox tersebut. Maka dari itu sebaiknya ketahui langkah ini secara pasti untuk menghindari kesalahan. Mulai saja dengan melakukan instal program Winbox lalu ubah alamat IP lewat tiap ether. 

Mengatur Setting Gateaway Internet Mikrotik

Cara agar Wi-Fi tidak bisa di scan barcode selanjutnya yaitu dengan melakukan setting pada mikrotik namun khusus pada gateaway internet yang digunakan. Ini juga termasuk cara yang mudah dan banyak dipilih oleh para pengguna jaringan Wi-Fi. Langkahnya cukup sederhana karena cukup menghubungkan model yang digunakan langsung pada port ether untuk koneksi internet. 

Dengan melakukan setting terhadap hal tersebut, maka tentunya resiko barcode dapat discan akan terhindari. Hal ini karena perangkat yang ingin mengakses jalur internet membutuhkan gateaway default dari mikrotik. Saat terjadi pergantian gateaway, maka otomatis menangkal perangkat lain yang tidak dikenal untuk bergabung pada jaringan internet tersebut.

Demikianlah beberapa langkah penting dalam cara agar Wi-Fi tidak bisa di scan barcode oleh pihak lain yang memanfaatkan situasi. Sehingga resiko kerugian jaringan yang lebih lambat dapat dihindari saat sedang mengakses internet. Dengan cara tersebut pula maka jaringan akan lebih aman dan terkendali. Oleh sebab itu jika menemukan kejanggalan pada Wi-Fi yang digunakan, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk melakukan hal yang telah disebutkan tadi di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan